Jumat, 13 November 2009

Memulai belajar bahasa tentunya dimulai dengan perkenalan diri terlebih dahulu, dengan
perkenalan diharapkan akan timbul ketertarikan untuk mengenal lebih jauh, baik tentang
negara, pekerjaan, rumah, daerah budaya dan lain sebaginya.
Untuk memudahkan belajar, saya akan menulis percakapan, kalimat dan kata dalam tiga
jenis,
1. romanji untuk pengucapan hiragana
2. hiragana dan atau katakana
3. arti dalam bahasa indonesia
Nama saya Yamada
Untuk pengenalan singkat seperti judl diatas perhatikan beberapa contoh berikut ini :

Watashi wa yamada desu.
(nama) saya yamada.

Watashi wa kensyusei desu.
Saya adalah pelajar.

Watashi wa nihon jin desu.
Saya adalah orang jepang

Senmon wa hambai desu.
2
Pekerjaan saya adalah penjualan.

Ima watashi wa nijuyon sai desu.
Sekarang saya berumur 24 tahun.

Ano hito wa kimura san desu ka?
Apakah orang itu adalah (sdr) kimura?
Dari contoh diatas salah satu bentuk untuk mengungkapkan atau mengenalkan diri kita
adalah :

Watashiwa +…..+ desu
Saya adalah …
Note :
Wa ditulis ha

Partikel
Dari beberapa contoh diatas terdapat bebapa jenis partikel yang mempunyai fungsi
berbeda yaitu :
Partikel wa digunakan setelah subyek, berfungsi menunjukkan subyek pembicara.

Watashi wa ari desu.
(Nama) saya adalah ari.

Watashi wa indonesia jin desu.
Saya adalah orang indonesia.
Partikel ka digunakan untuk menunjukkan bahwa kalimat tersebut adalah
pertanyaan, letak partikel ka adalah di akhir kalimat, perhatikan contoh berikut :

Ari san wa kensyusei desu ka.
Apakah bapak ari pelajar ?

Ari san wa indonesia jin desu ka
Apakah bapak ari orang indonesa ?
3

Ari sanwa kaishya wa dochira desu ka?
Bapak ali dari perusahaan apa?
Partikel no digunakan untuk menyambung antara kata benda dengan kata benda,
perhatikan contoh berikut :

Kompyuta no kaisya desu
Perusahaan computer.
Percakapan
Ari :
Hajimemasite, watashi wa ari desu.
Dozo yorosiku, onegaishimasu.

Yamada :
Watashi wa yamada desu.
Dozo yorosiku.
Eeto…, anatano kuni wa tai desuka, indonesia desu ka.

Ari :�
Indonesia desu
Sumimasen, ano hito wa dare desuka?
Yamada Tanakan san desu.
Nihon jin desu
Ari : Kaisya wa dochira desuka.
Yamada : DELL DELL desu
Ari : nanno kaisya desu ka.
Yamada : Kompyuta no kaisya desu.
ari san wa?
4
Ari : EPSON
EPSON desu. Purintano kaisya desu.

Kosa Kata
Hajimemashite : Salam kenal diucapkan pertama kali
bertemu.
Watashi : Saya
Dozo yorosiku onegaishimasu : senang berjumpa dengan anda
Anata : Anda , saudara
Kuni : Negara
Sumimasen : Maaf, permisi
Hito : Orang
Dare : Siapa
Nihon jin : Orang jepang
Kaisya : Perusahaan

1 komentar:

  1. Mantap..yang kaya gini gw bisa belajar Bahasa Jepang..^_^
    bagus, cuma tulisannya kecil2, background item, tulisan abu2..makin susah keliatan aja..

    BalasHapus